ABOUT

FORUM KOMUNIKASI PROGRAM STUDI/JURUSAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI SE – INDONESIA

PENDAHULUAN

Kegiatan Forum Komunikasi terakhir diselenggarakan pada tanggal 18 Mei 2010 di UNESA Surabaya. Adapun Perguruan Tinggi yang hadir ada 9 Perguruan Tinggi, yaitu UNESA, UMM, UNLAM, UNP, STKIP HAMZANWADI, UNJ, UNIJOYO, UNY, dan UNNES. Dalam pertemuan tersebut dapat dilaksanakan seminar dengan Pembicara Prof. Dr. Wahyu dan Prof. Dr. Warsono dengan tema pendidikan karakter.

PENGEMBANGAN

Dalam pertemuan telah diperoleh Wacana pengembangan Forkom sebagai berikut: dalam pertemuan diwacanakan penguatan kelembagaan untuk keperluan akreditasi agar dapat ditingkatkan nilai akreditasi dari masing-masing prodi anggota Forkom. Untuk itu diperlukan pertukaran informasi tentang kurikulum, dan profil jurusan serta jurnal ilmiah. Melalui pertukaran profil lembaga dapat saling membantu antar jurusan/prodi yang sangat penting untuk mendukung penguatan kelembagaan. Selain itu diharapkan pula dapat dilakukan pertukaran informasi tentang keadaan dosen  dan karya-karyanya dari masing-masing prodi anggota Forkom.

Dalam pertemuan di Surabaya diketahui terdapat jurusan/prodi yang mengelols jurnal dari anggota Forkom antara  lain UNNES, UNY. UNP. UNIJOYO. Pertukaran informasi tentang hasil penulisan buku yang perlu ditingkatkan. Diharapkan melalui jurnal yang dimiliki oleh beberapa jurusan/prodi anggota dapat dikembangkan pertukaran artikel ilmiah untuk mendukung dapat diupayakan terwujudnya jurnal terakreditasi nasional dari jurusan/prodi anggota Forkom. Di samping itu diwacanakan pentingnya merencanakan membuka akses hubungan dengan unsur lembaga  Kemendiknas. Pembukaan akses dimaksudkan agar dapat diketahui arah kebijakan pemerintah dalam kaitannya dengan keberadaan prodi pendidikan sosiologi dan antropologi yang mengarah untuk dilakukan penegasan pada salah satu disiplin ilmu sosiologi atau antropologi. Selain itu juga diperlukan pengembangan kerjasama dengan guru-guru sosiologi dan antropologi di tingkat SMA.

BIDANG AKADEMIK

Berdasarkan berbagai wacana diambil kesepakatan-kesepakatan, baik bidang akademik maupun bidang organisasi. Adapun realisasi hasil kesepakatan tersebut dapat dilaporkan sebagai berikut: hal-hal yang dihasilkan dalam pertemuan di UNESA adalah :

  1. Rencana adanya pertukaran mahasiswa antar anggota forkom, belum terealisir. Meskipun demikian telah dapat dilakukan kunjungan dan pertukaran informasi kegiatan kemahasiswaan UNS ke UNNES, UNMUH Makasar ke UNY, UNNES dan UNESA.
  2. Rencana perlunya pembuatan buku referensi yang disusun bersama anggota Forkom, belum terealisir.Direncanakan draf awal diharapkan selesai bulan Desember 2010, dengan judul buku: Masyarakat dan Kebudayaan Kontemporer. Untuk itu perlu ditindaklanjuti dengan membentuk tim khusus yang menangani penulisan buku bersama.
  3. Rencana saling tukar tulisan ilmiah untuk mengisi jurnal yang dimiliki oleh Prodi, sudah terealisir. Adapun pertukaran tulisan yang sudah terjadi sebagai berikut:
    • Antara UNNES dengan UNP
    • UNLAM dan UNNES
    • UNNES dan UNIJOYO
    • UNY dan UNNES
  4. Rencana akan dibuat Web bersama anggota Forum Komunikasi, terealisir. Website https://forkomsosant.wordpress.com. Diperlukan informasi tambahan untuk mengisi laman yang ada di web ini.

BIDANG ORGANISASI

  1. Dapat direalisasi pertemuan Forum Komunikasi tahun 2012 diselenggarakan Mei di UNP Padang. Pertemuan Forum Komunikasi diselenggarakan hari ini tanggal 11-12 Mei 2011
  2. Kepengurusan Forum Komunikasi yang ada saat ini dilanjutkan sampai dengan tahun 2011. Dengan demikian pertemuan ini juga akan mengagendakan kepengurusan Forum Komunikasi yang baru, dengan alasan:
    • Unnes sudah menjadi ketua lebih dari 4 tahun
    • Perlunya reorganisasi untuk penyegaran
  3. Iuran anggota Forum Komunikasi ditetapkan sebesar Rp. 750.000,- per tahun, dan bersifat wajib bagi anggota. Laporan keuangan Forum Komunikasi akan dilaporkan oleh Bendahara.

BIDANG PENGEMBANGAN

  1. Dalam perkembangannya saat ini telah dapat dilakukan komunikasi untuk pengembangan keanggotaan Forkom dengan Jurusan/Prodi Pendidikan Sosiologi di beberapa Perguruan Tinggi yaitu UNJ, UNTAN, ENEMA dan UPI.
  2. Dalam bidang organisasi telah dilakukan pembahasan kerjasama yang diarahkan untuk memajukan jurusan/prodi pada masing-masing Perguruan Tinggi dengan pimpinan fakultas ilmu sosial yang tergabung dalam Forum HISPISI.
  3. Pembukaan akses ke Kemendiknas mulai dirintis melalui penyelenggaraan seminar yang menghadirkan pembicara dari Puskur di UNNES dan dilakukan dialog dengan BSNP, pada saat ini terdapat 2 orang dari jurusan/prodi anggota Forkom yang telah disertakan menjadi tim BSNP untuk tahun 2011.
  4. Diketahui masing-masing prodi anggota Forkom telah mengembangkan hubungan dengan perkumpulan guru-guru sosiologi dan atau guru antropologi SMA serta dengan perhimpunan Jurusan-jurusan Sosiologi dan Perhimpunan Jurusan Antropologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s